Minggu, 18 Desember 2016

Pernikahan Adat India

Populasi orang India di Indonesia sudah cukup banyak. Jadi, tidak jarang juga kita melihat pasangan orang India dengan Indonesia yang berakhir di pelaminan. Ternyata budaya di India juga sangat kental seperti budaya-budaya yang di Indonesia. Tak kalah repotnya dengan pernikahan adat Indonesia seperti, adat Sunda, Padang, Jawa dan yang lainnya.


Jika mendengar kata Inda, pasti langsung terbayang tarian dan lagunya yang sering dilihat di film-film India, biasa disebut dengan Bollywood. Pernikahan yang ramai dan ceria seperti yang dilihat di film-film. Warna-warni dari pakaiannya dan dekorasinya, tarian-tariannya yang membuat semua yang ikut menari bahagia.

Pernikahan di India dilaksanakan selama 3-4 hari yang berisi dengan ritual sebelum pernikahan, pesta pernikahan dan ritual sesudah menikah.


Ritual Sebelum Menikah

Ritual pertama dalam pernikahan ada 3 upacara :

  • Shagun Ceremony

Yaitu kunjungan ibu pihak pria ke rumah calon wanita sambil membawa hadiah, baju, beras, kacang, dan perhiasan. Setelah hadiah itu diterima, kedua keluarga membicarakan tanggal pernikahan.












  • Mangni Ceremony

Sesi Pertunangan

Calon pengantin bertukar cincin di hadapan keluarga Mempelai pria maupun mempelai wanita.
















  • Mehndi Ceremony
Pengantin wanita akan dihiasi tangan dan kakinya dengan hena. Upacara ini dilaksanakan di rumah pengantin wanita dengan suguhan makanan dan musik. Pesta menari pun digelar di rumah pengantin wanita dan pria secara terpisah. Keluarga yang tua biasanya menyanyikan lagu tradisional dan memberkati sang pengantin wanita.










  • Haldi Ceremony 

Sesi wangi-wangian bunga melati dan aroma segar lainnya dituangkan di tubuh wanita dan pria, secara terpisah. Keduanya dilarang ke luar rumah karena prosesi pernikahan berlangsung besoknya.


















Pesta Pernikahan






Dimulai dari pengantin pria tiba di rumah pengantin wanita dengan iringan musik dan tari dari keluarganya lalu disambut keluarga pengantin wanita. Dan pasangan pengantin itu pun akan dinikahkan di depan api suci. 


Ritual Setelah Pernikahan



Disebut Kanyadaan adalah ritual terakhir, penyerahan pengantin wanita kepada pengantin pria oleh keluarganya.


berikut video pernikahan adat negara India






Tidak ada komentar:

Posting Komentar